Rabu, 01 November 2017

kelainan sense, antisense

dalam mendalami biologi molekuler, acapkali melimpah yang lagi buncah atas rancangan ataupun kata yang ada pada bahan genetik (dna serta rna). rancangan yang kerap ditanyakan ialah sekeliling kelainan dna sense serta dna nonsense bersama template, antitemplate, serta sebagian kata lainnya.

rancangan sense serta antisense acapkali melimpah yang alpa terpenting kala diajarkan di sma. terlebih melimpah sekali buku pelajaran kampus yang mengartikan kekeliruan rancangan itu walaupun buku itu diterbitkan oleh pencetak terkenal.

biar enggak salah rancangan, sehingga aku melihat pada pangkal acuan text book serta buku atas cerpenis terpercaya buat bisa dijadikan referensi. buku itu memuat rancangan elementer hal biologi molekuler.

sebelumnya, anda periksa hal bentuk dna lebih-lebih dulu dengan cara pendek. dna ada dua karangan yang berkarakter antipararel. dibilang antipararel lantaran berkarakter paralel (pararel) akan tetapi arahnya saling bertentangan.

dna serta rna ada pucuk 5 serta 3 menurut posisi gabungan fosfat yang terdapat di antrean molekul karbonium pada gula deoksiribosa/ribosa. nilai ini amat esensial buat dicermati kala mendalami biologi molekuler.

mengenai uraian hal kata yang terdapat di dalam karangan dna bakal dijabarkan serta disertai atas ilustrasi selanjutnya:


pangkal: allison, 2007.

dna sense ialah karangan dna atas arah 5 ? 3 yang ada antrean/sekuens basa nitrogen serupa atas mrna (eksepsi t diganti u). karangan ini pula dibilang selaku karangan positif (+). lantaran karangan ini ada antrean yang serupa atas mrna, sehingga karangan ini dikenal selaku pengkode (coding). karangan ini enggak ditranskripsi alias dicetak jadi mrna sehingga dikenal anti-template.

dna antisense ialah karangan dna atas arah 3 ? 5 alias dikenal karangan minus (-). karangan ini berfungsi buat melaksanakan kopi membangun mrna sehingga karangan ini dikenal penerbit pengecap/edisi (template). arah 3 ? 5 didasarkan pada karangan dna ini kala cara kopi oleh enzim rna polimerase. antrean/sekuens basa nitrogen pada karangan ini enggak serupa atas mrna sehingga dibilang selaku non coding.

menurut uraian di berdasarkan, sehingga ringkasannya ialah selaku selanjutnya:
sense = coding = anti-template = karangan positif = 5 ? 3
antisense = non-coding = template = karangan minus = 3 ? 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar